Mata bisa “dijadikan” password komputer

Jakarta – Memanfaatkan teknologi pemindaian iris, para peneliti mengembangkan sistem biometrik baru sebagai password komputer. Cara ini memungkinkan pengguna komputer mengedip ke layar komputer untuk bisa mengaksesnya.

Oleg Komogortsev, ilmuwan komputer dari Texas State University-San Marco, bersama timnya menemukan fakta bahwa tidak ada orang di dunia ini yang melihat dengan cara yang sama.

Saat melihat sebuah gambar misalnya, dua orang yang berbeda akan menggerakkan mata mereka dengan cara berbeda pula. Gerakan mata manusia boleh dibilang unik karena gerakannya akan berbeda pada masing-masing orang tergantung point of interest mereka terhadap objek yang dilihat.

“Bahkan jika ada dua orang yang diketahui pola gerakan matanya sama, cara mereka menggerakkan mata tetap berbeda,” kata Komogortsev seperti dikutipdetikINET dari TechNewsDaily, Selasa (16/10/2012).

Dari sinilah Komogortsev tertarik mengembangkan sistem bimotrik baru untuk password komputer. Dengan cara ini, hanya si pemilik komputer yang bisa mengakses sebuah perangkat.

Biometrik sendiri adalah suatu ukuran pada tubuh manusia seperti sidik jari misalnya, untuk digunakan sebagai alat identifikasi. Para ilmuwan komputer di seluruh dunia mempelajari biometrik untuk membantu proses penyelesaian kasus kejahatan, pengamanan atau implementasi teknologi tinggi untuk keamanan perangkat seperti smartphone, tablet dan lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s