Perkembangan TI dan Kemiskinan

 Dalam lingkup suatu pendidikan tentu saja semua mempunyai satu tujuan untuk menyebarkan ilmu pengetahuan dan menggali pengetahuan-pengetahuan yang ada agar perkembangan dan kemajuan teknologi dapat diikuti oleh semua kalangan masyarakat tanpa terkacuali, sehingga tidak tertinggal dalam perkembangan teknologi. Itu semua sebenarnya juga untuk menuntaskan kemiskinan yang ada disetiap Negara.

   Hubungan antara ilmu pengetahuan dan Teknologi sebenarnya adalah setu kesatuan yaitu ilmu pengetahuan adalah sebagai penunjang dari Teknologi yang ada selain itu ilmu pengetahuan juga sebagai pencipta dari Teknologi-ternologi yang telah tercipta maupun yang akan tercipta.

   Dari ilmu pengetahuan menjadi sebuah Teknologi yang dapat di nikmatu dan digunakan oleh manusia sunguh suatu apresiasi yang sangat jenius dan tidak pernah terduga sebelumnya namun itulah ilmu pengetahuan yang sekarang tidak mengherankan lagi di kalangan masyarakat yang semakin modern sekarang ini bahkan kebutuhan-kebutuhan terhadap teknologi semakin tinggi dan berfariasi sehingga membuat para ilmuan terpacu untuk berfikir keras dan berusaha menciptakan sesuatu yang di indingan masyarakat demi memenuhi kebutuhan-kebutuhan itu dengan ilmu pengetahuan yang mereka miliki.

   Dari segi apapun suatu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang maupun memiliki dampak positif dan dampak negative. Adapun untuk dampak positifnya adalah manusia tidak perlu lagi bekerja keras untuk mengerjakan suatu pekerjaan jadi bias menghemat waktu dan tenaga, selain itu manusia tidak perlu bekerja kasar nanun hanya tinggal mengontrol dan mengendalikan suatu pekerjaan yang berat sehingga menghemat tenaga dan mempercepat pengerjaan. Hampir semua pekerjaan manusia dapat di lakukan mesin yang tercipta dari 

   Teknologi, itu adalah suatu keuntungan dari teknologi. Di semping keuntungan tersebut ada pula sisi negatifnya bagi manusia, dapat kita lihat sekilas saja saat ini kemiskinan ada di mana-mana bahkan menjadi masalah yang sangat serius di semua Negara bahkan belum ada pemecahan dari masalah ini. Apa yang menyebabkan banyaknya kemiskinan saat ini?, apakah ada hubungannya dengan kemajuan teknologi? Mungkin banyak juga yang menyimpulkan bahwa penyebab kemiskinan karena kemajuan teknologi, namun hal itu juga dapat dibenarkan namun juga tidak sepenuhnya juga karena kenajuan teknologi sedangkan masyarakat tidak dapat mengikuti perkembangan itu. Apabila kita lihat di Indonesia sekarang, dalam gambaran kita kemajuan teknilogi membuat tenaga manusia tidak di gunakan lagi sehingga banyak tenaga kerja di berhentikan dan menimbulkan banyaknya pengangguran sedangkan mereka tidak lagi mempunyai penghasilan untuk mencukupi kebutuhan rumahtangga mereka sehingga timbul kemiskinan.

   Kemiskinan sebenarnya adalah pemikiran yang sempit karena tidak semua pekerjaan juga dapat di kerjakan oleh kemajuan teknologi namun manusia semakin mendekat dengan hasil kemajuan itu dan bergantung pada teknologi itu sehinga menjadikan mereka tidak mau berfikir untuk mencari jalan lain untuk menyiapkan diri dalam menghadapi itu semua. Sebenarnya apabila mereka mau memanfaatkan teknologi yang ada dengan ilmu pengetahuan yang mereka miliki tidak akan ada kemiskinan karena kemajuan Teknologi justru orang akan terbantu dengan kemajuan Teknologi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s