C++

Sejarah

Apa itu Bahasa C++?
Bahasa C++ adalah pengembangan dari bahasa C, salah satu bahasa pemprograman. Bahasa C++ pertama kali dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup dari AT&T Bell Laboratories di tahun 1980-an. Lalu pada tahun 1983 hingga 1984 bahasa C++ dikembangkan lagi dengan menambahkan beberapa fitur yaitu virtual functions, function overloading, referensi dengan simbol &, konstan keyword, dan satu baris komentar dengan 2 tanda forward slashes (//).

Pada awalnya bahasa C++ bernama bahasa C with class sebelum akhirnya berubah nama pada tahun 1983. Disebut bahasa C with class karena C++ muncul sebagai bahasa C yang dilengkapi dengan fitur kelas. Dalam implementasinya untuk memecahkan masalah C++ akan membagi suatu obyek menjadi beberapa kelas dan menjelaskan setiap kelas yang sebelumnya merupakan anak kelas dari kelas tersebut. Di setiap kelas ini akan digambarkan mengenai keadaan obyeknya, anggota dan kemampuan setiap obyek di dalamnya. Nah, setelah setiap kelas dibuat, masalah akan diselesaikan satu per satu lewat kelas.

Brian W. Kernighan dan Dennis M. Ricthie pada tahun 1972 yang merupakan pelopor atau pencipta pemrograman C ini, dengan tujuan untuk memudahkan dalam pembuatan dan pemgembangan sebuah program. Acuan standarisasi bahasa C yaitu ANSI (American National Standard Institute). Satu dekade setelah pemrograman bahasa C muncul bahasa C++ yang di ciptakan oleh Bjarne Strowstup, Laboratorium Bell, AT & T pada tahun 1983. Pada mulanya C++ di beri nama (a better c), kemudian berganti nama C++ oleh Rick Masciti tahun 1983, tanda ++ berasal dari nama operator penaikan dari bahasa C.

Bahasa C sangat kompatibel di berbagai mesin mulai dari PC hingga mainframe, serta pada pelbagai sistem operasi (DOS, UNIX, VMS). Keunggulan bahasa C++ adalah mampu mendukung pemrograman berorientasi obyek (PBO) /OPP (Object Oriented Programming). Tujuan utama pembuatan program C++ adalah untuk meningkatkan produktivitas pemrogram dalam membuat aplikasi. Greg Perry dimana pada tahun 1993 mengungkapkan program C++ dapat meningkatkan produktivitas pemrogram lebih dari dua kali di bandingkan bahasa prosedural C, Pascal, atau BASIC hal ini dibuktikan dengan code C++ yang mudah di ingat, juga anda harus bisa pandai dalam memahami karakteristik C++.

Dasar atau basic dari PBO (Pemrograman Berorientasi Obyek) adalah mengkombinasikan data dan fungsi untuk mengakses data menjadi satu kesatuan unit. Unit ini di kenal dengan obyek (object). Object bisa kita ibaratkan seperti perusahaan-perusahaan, departemen-departemen seperti : penjualan, akunting, personalia.

Karakteristik PBO (Pemrograman Berbasis Obyek) :
-Encapsulation
-Inheritance
-Polymorphism
Tiga karakter di atas mendukung reusability yang merupakan faktor dari kualitas perangkat lunak. Relisability adalah Suatu sifat yang memperkenalkan kelas yang dibuat dan di uji dapat didistibusikan ke pemrograman lain untuk di pakai pada program-program mereka.
Kompiler C++

Saat ini banyak kompiler C++ yang beredar dan di pasarkan sebagai contoh Micrososft Corporation, sebagai perusahaan perangkat lunak yang mahsyur, dengan produk kompiler C++ beruapa “Microsoft C/C++ dan Visual C++”. Adapun Borland International, yang sangat populer dengan “TURBO PASCAL” diantarannya “TURBO C++ DAN BORLAND C++”.

Berikut contoh bahasa C++ yang sederhana:

#include
using namespace std;

int main ()
{
cout << "Hello World!";
return 0;
}

Sumber & Referensi :
http://vegamcendekia.wordpress.com/2013/12/17/sejarah-singkat-bahasa-pemrograman-c/
http://rumpitekno.com/2013/sejarah-dan-penciptaan-bahasa-pemrograman-c/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s