Sejarah laptop

Laptop merupakan komputer yang bisa dibawa kemana-mana dan ringan. Sumber daya laptop berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis,tergantung dari cara pemakaian,spesifikasi,dan ukuran baterai. Laptop terkadang disebut juga dengan komputer notebook atau notebook saja.

Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya.

Setelah kita mengetahui pengertian dari laptop,pastinya kita juga harus mengetahui sejarah perkembangan laptop serta kapan laptop bisa diciptakan sehingga bisa digunakan sampai saat ini.

Laptop pertama kali dicetuskan oleh Alan Kay. Seorang ilmuwan computer dari Amerika. Dan  ide dari Alan ini disambut baik oleh Adam Osborne yang merupakan seorang publisher software dan bekerja disebuah penerbitan buku di Amerika.

1. Tahun 1975 IBM Portable PC 5100

Model IBM Portable ini merupakan komputer mikro pertama yang dirancang pada saat itu dibuat untuk mathematicians dan engineers.

2.  Tahun 1977 Rockwell AIM 65

Untuk Rockwell AIM 65 komputer mikro ini lebih lengkap dengan keyboard,layar dan hard copy printer.

 3. Tahun 1978 IBM Portable PC 5110

IBM 5110 ialah komputer bisnis versi yang berawal dari dari IBM 5100 dari tahun 3 sebelumnya yang dirancang terutama untuk mathematicians dan engineer.

 

4.Tahun 1979 Heathkit H89

Heathkit merilis Heathkit H89 all-in-one komputer pada akhir 1979.

 

5. Tahun 1981 Osborne 1

Dirilis pada tahun 1981 oleh Osborne Computer Corporation,Osborne 1 yang dianggap sebagai yang pertama sebagai portabel komputer.  Walaupun cukup revolusioner, Osborne memiliki keterbatasan misalnya, layar  hanya 5 (diagonal) dalam ukuran, dan tidak dapat menampilkan lebih dari 52 karakter per baris teks.

6. Tahun 1981-1984 Gavilans first Tries and Ibm

Kemudian gavilan mobile computer hadir beratnya yang hanya 4 kg dan mampu bertahan hingga 9 jam dengan baterai nickel-cadmium menjadikan gavilan yang paling unggul dan mampu memadukan antara performa dan desain di tahun 1983. Satu lagi nilai plus dari produk gavilan ini adalah mobile pc pertama yang diluncurkan dan dipasarkan dengan nama laptop.

Sejak munculnya osborne 1, menjadi titik dimana seseorang yang saat ini sangat akrab di telinga kita, yaitu bill gates memperkenalkan sebuah ide dimana portable computer dilengkapi dengan lcd screen. Kazuhiko nishi dari microsoft yang kemudian merealisasikan ide tersebut menjadi prototype radio shack. Dengan berat 2 kg, radio shack trs-80 model 100 mobile computer hadir dengan fitur modem, telecommunications program, text editor, dan sebuah program yang dibuat oleh microsoft.

Saat radio shack menjadi batu pijakan untuk membentuk laptop saat itu menjadi seperti laptop sekarang ini, ibm justru mengembangkan portable pc 5155 di tahun 1984. Mengapa saya mengatakan  justru ? Karena produk ibm itu tidak sekalipun menjunjung tinggi asas portabilitas dengan beratnya yang mencapai 13,6 kg dan dengan layar 9-inch dibandrol “sangat bijak” dengan harga $4000 tanpa baterai didalamnya.

7.  Tahun 1984-1988, COMPACT STEPS IN

Compaq berhasil memasang mata angin penunjuk arah harus dibawa kemana segmen laptop ini, dengan produknya compaq slt 286 beresolusi vga, yang dilengkapi  1.44 floppy drive dan 286 processor.

8. Tahun 1989-1993

Langkah selanjutnya dari perkembangan laptop dan menjadi masa revolusi terbesar dari laptop terjadi di tahun 1990-an. Ini dimulai dengan munculnya minisport yang dibuat oleh zenith data systems, miniport mempunyai sejulah fitur seperti 640 kb ram, 1.44-inch floppy drive, 2400 baud modem dan 20mb esdi hard drive.

dan langkah paling besar di era ini dilakukan oleh pabrikan laptop baru (saat itu), yaitu macintosh dengan macintosh portable-nya. Walaupun beratnya hampir 8 kg, namun desainnya sangat kokoh dan kuat dengan layar 9.8-inch active matrix, resolusi 640×400 pixel, dan sebuah trackball.

Sejak tahun 1993,layar 256-color menjadi pilihan yang baik untuk laptop di kala itu, contohnya yaitu powerbook 165.

9. Tahun 1996-2003 Toughbooks dari panasonic dan intel

Tepatnya di tahun 1996 panasonic membuat sebuah langkah besar dengan memperkenalkan lini laptop mereka yang fokus di segmen robust mobile computer,yaitu dengan laptop andalannya toughbook (cf-25). Didesain dengan kemampuan “bertahan. Yang lebih, laptop ini diklaim aman saat dijatuhkan dari ketinggian 70cm,tahan debu, ataupun udara lembap.

10. Tahun 2003-hingga sekarang dan Masa Depan

Dimasa depan selanjutnya, vaio zoom, concept laptop yang menggunakan teknologi holographic pada layarnya. Sehingga saat laptop ini di shutdown, layar akan benar-benar terlihat transparan seperti lapisan kaca.

Sumber & referensi :

– http://ayunoviyantini.blogspot.com/2014/05/sejarah-perkembangan-laptop-dari-masa.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s