sejarah XBOX

Sudah 14 tahun kemunculan Xbox di tengah-tengah kehidupan kita, dan rasanya tidak lengkap jika kita tidak mengetahui sejarah kemunculan dari Xbox ini. Konsol game ini dimulai dari sebuah perusahaan PC dan merek yang paling terkenal, Microsoft, memutuskan untuk mencoba peruntungannya di dunia konsol game yang telah dikuasai Sony PlayStation dan Nintendo yang sudah menguasai pasar selama bertahun-tahun.

Tapi konteks adalah segalanya, dan ketika teknisi DirectX, Ted Hase, Seamus Blackey, Otto Berkes dan Kevin Bachus menyarankan bahwa cara terbaik untuk melawan Sony adalah dengan menciptakan konsol game sendiri. Bahan bercAnda mereka ini merupakan awal untuk langkah serius selanjutnya untuk menciptakan Xbox.

Sekarang lanskap game telah berubah berkat Xbox. Saat ini mesin konsol game dari Microsoft ini merupakan pesaing utama dari semua konsol game di seluruh dunia. Ini tidak mudah untuk meyakinkan sebuah perusahaan yang berfokus pada merek seperti Windows, perangkat lunak server dan Office yang harus masuk ke dunia hiburan, terutama meyakinkan CEO, Bill Gates bahwa konsol adalah jalan ke depan yang sangat cerah.

Meskipun skeptis, tim DirectX entah bagaimana telah berhasil meyakinkan bahwa mesin gaming yang dapat bekerja seperti PC akan berhasil di terima penggemarnya sebagai media hiburan di ruang keluarga.

Dan pada Game Developers Conference (GDC) di tahun 2000, Microsoft sudah cukup untuk menunjukkan kepada dunia bahwa perusahaan ini pantas diperhitungkan di dunia game, dan kehadiran Bill Gates di atas panggung telah menghapus keraguan para pengembang akan mesin game dari Microsoft ini.

Xbox Pertama

Sebuah desain dari kota chrome dengan logo X di bagian atasnya adalah desain prototipe yang berhasil menangkap banyak perhatian, dan ini tidak benar-benar diwujudkan, karena tubuhnya yang besar dan tidak pernah mungkin muat untuk diletakkan di bawah televisi kebanyakan orang.

Setelahnya, desain final dari E3 sudah siap untuk diluncurkan. Perangkat ini diberi nama DirectX Box untuk waktu yang lama. Beberapa waktu sebelum peluncurkan nama ini masih dipakai, sampai akhirnya nama dari perangkat ini disingkat menjadi Xbox, dan nama ini tidak bisa dihindarkan lagi. Maka disitulah Xbox lahir.

Microsoft telah menjalin kontrak eksekutif dengan pengembang Bungie menjelang peluncuran Xbox, tetapi meskipun Halo ditunjukkan di E3, dampak dari Master Chief beserta karakter lainnya bukanlah sesuatu yang sudah dapat diprediksi di hari-hari ketika Oddworld: Munch’s Oddysee dan Project Gotham Racing telah dianggap sebagai game dengan judul premium.

Dengan peluncurannya di AS pada bulan November 2001, Xbox menjadi salah satu konsol yang paling diperhitungkan dan selama beberapa bulan dan tahun ke depan, game konsol ini berhasil menjatuhkan pasar game konsol lemah lainnya. Dan Xbox telah behasil menangkap banyak perhatian dan bisa dibilang menuai kesuksesan pertamanya.

Halo original adalah hit besar pada saat itu, namun Halo 2 yang paling baik sebagai permainan yang paling baik sebagai media untuk bermain secara multiplayer. Xbox Live Service menyediakan platform yang sangat populer pada saat itu, dan menjadi fitur paling utama dari Xbox pada kala itu.

Xbox 360

Pada saat tahun 2005 tiba, penerus dari Xbox pun tiba, dan berpotensi menjadi pesaing yang paling berat bagi PlayStation. Sony tengah memperkenalkan PlayStation 3, tapi ambisi Microsoft pun juga sedang tinggi untuk merk gamenya, dan perusahaan pun memperkenalkan 360 sebagai penerus dari Xbox generasi pertama atau original.

Kali ini pendekatan perusahaan berbeda. Xbox sekarang dipandang sebagai konsol utama dengan dukungan besar dari para pengembang dan tentu saja, Microsoft.

Xbox 360 diluncurkan dengan serangkaian kampanye viral marketing, OurColony, Origen Xbox 360 dan Hex168 semua yang membantu untuk memperkenalkan Xbox 360 bahkan melalui acara program MTV dan berdekatan dengan rilis PlayStation 3.

Dibangun menggunakan grafis ATI dan prosesor PowerPC, Xbox 360 tidak hadir dengan tanpa masalah awal, justru masalah awal yang dibawa Xbox 360 ini membuat Microsoft harus berusaha keras untuk memperbaiki masalah perangkat keras.

Seperti yang Anda bayangkan, Halo menjadi game utama atau identitas dari Xbox 360 dan Mass Effect serta  Gears of War telah bergabung dengan  Halo sebagai waralaba Xbox utama pada akhir 2007.

Kinect

Sebagai gamer hardcore yang menikmati masa emas game canggih saat ini yang dimulai dengan Nintendo Wii yang membawa cara bermain yang berbeda. Dan pada tahun 2010 Microsoft menjawab tantangan dari Nintendo Wii ini dengan melepaskan motion controller sendiri yang bernama Kinect.

Konsep, yang dimulai sebagai “Project Natal”, diperkenalkan di E3 pada musim panas 2009 dan diumumkan akan tersedia untuk konsumen umum pada November 2010. Ini adalah sukses besar untuk para basis penggemar Microsoft. Microsoft mengatakan pada bulan Februari bahwa sebanyak 24 juta Kinect telah dijual dan ini adalah bagian besar dari perencanaan untuk meneruskan kesuksesan dari Xbox 360.

Xbox One

Desas-desus tentang ‘Xbox 720’ telah beredar selama bertahun-tahun, tetapi pengumuman resmi dari Xbox One dibuat pada tanggal 21 Mei 2013.

Xbox One

Game konsol terbaru Microsoft – X-Box One

Konsol mulai dijual pada 22 November 2013, dan berhasil terjual lebih dari  2 juta unit dalam waktu 18 hari pertama dan saat ini Microsoft siap untuk melanjutkan kisah Xbox generasi ke delapan

Sumber & referensi

– http://www.plimbi.com/news/143421/xbox

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s