Proposal

I . Latar Belakang
Pada era globalisasi ini, teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang dalam membantu masyarakat memperoleh informasi yang cepat dan mudah untuk didapatkan. Dalam perkembangan teknologi dan informasi pada aspek transportasi khususnya kendaraan bermotor sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk menunjang kebutuhan dalam kehidupan. Setiap kendaraan yang digunakan oleh masyarakat memiliki tingkat kemampuan dan masa ketahanan yang berbeda-beda, jika sebuah mesin digunakan secara terus menerus, maka performa mesin akan menurun dan seiring waktu tentunya mesin harus diperbaiki di tempat penyedia jasa servis kendaraan tersebut. Untuk meminimalisir terjadinya tindakan kecurangan atau penipuan terhadap masyarakat yang kurang memahami informasi mengenai mesin. Oleh karena itu, kami  mempunyai ide untuk membantu masyarakat dalam mengetahui informasi jika terjadi kerusakan mesin kendaraan, ide ini dapat mengurangi tindakan manipulasi data maupun kecurangan pada penyedia jasa servis.

 

  1. Tujuan

Membuat sebuah software sistem pakar berbasis aplikasi desktop yang akan memberikan informasi jika terdapat kerusakan di dalam mesin.

 

III. Konsep

Konsep yang digunakan dalam pembuatan aplikasi sistem pakar berbasis aplikasi desktopini adalah dengan menggunakan pendekatan metode SDLC ( System Development Life Cycle ) , konsep ini dikembangakn melalui beberapa tahap sebagai berikut:

  1. Perencanaan

–  Melakukan pengambilan dan pengumpulan data keluhan pelanggan.

–  Melakukan identifikasi masalah

  1. Analisa permasalahan
    Tahap ini melakukan analisis kebutuhan fungsional aplikasi seperti data dari bengkel servis, bagian penjelasan fitur-fitur yang dimasukan ke dalam aplikasi terdiri dari form menu utama, admin, catatan servis, catatan pembayaran, laporan, petunjuk penggunaan aplikasi.
  1. Perancangan

Pada tahap ini melakukan perancangan struktur navigasi, perancangan input output dan perancangan tampilan aplikasi dengan menggunakan netbeans java.

  1. Implementasi

Pada tahap ini menggunakan perangkat keras dengan Processor  Intel Core i5 withRadeon(tm), HD Grapich 1.30 GHz , RAM 4.00 GB (3.60 GB Usable) 64-bit Oprating System, kemudian sistem operasi widows 7 dan menerap hasil perancangan ke dalam suatu perangkat lunak berupa netbeans java.

  1. Uji Coba Aplikasi
    Tahap ini merupakan tahap uji coba program yang dihasilkan dari tahap implementasi untuk mengetahui apakah fungsionalitasnya terpenuhi dan sesuai dengan rancangan dasar penelitian.
  2.   Usulan
    dalam aplikasi terdapat beberapa pilihan menu yaitu :
    a. pelanggan
    didalam menu pelanggan terdapat menu login dan logout pelanggan, profil pelanggan, jenis kendaraan pelanggan, dan keluhan pelanggan.
    b. menu service
    didalam menu ini setelah pelanggan login maka pelanggan dapat memilih paket servis apa saja yang akan dilakukan terhadap motor pelanggan
    c. tracking service
    didalam menu ini pelanggan akan tahu sampai sejauh mana montir sedang melakukan perbaikan terhadap motor pelanggan.
    sebelum dilakukan pembuatan aplikasi sesuai urutan diatas software pengembang yaitujava netbeans harus dipersiapkan terlebih dahulu sebagai alat untuk pembutan aplikasi sistem pakar yang akan dibuat.


    V.   Time Schedule
    Dalam Pembuatan sistem, kami membuat beberapa tahapan yaitu sebagai berikut :

  1. Pengumpulan data dan perancangan

Dalam tahap ini pengumpulan data dilakukan dengan cara menganalisa kebutuhan yang dibutuhkan oleh sistem, seperti :

– PC dengan spesifikasi standar

– Software Netbeans Java Programing

– Database MySQL

– Eclipse

  1. Analisis

Menganalisa masalah yang ada, sebagaimana sistem di butuhkan, dan bagaimana sistem yang lama tidak efektif, juga perubahan dari sistem lama kesistem yang baru.

  1. Perancangan

Perancangan disini adalah pembuatan design dari aplikasi yang akan dibuat serta prototype dari sebuah sistem yang akan di gunakan sebelum di implementasikan.

  1. Implementasi

Tahap implementasi disini adalah pembuatan aplikasi dan beberapa kebutuhan untuk dibangunnya sistem

  1. Pengujian

Uji coba aplikasi yang dibuat agar tidak meleset dari sistem yang ada sebelumnya.

 

  1. Perhitungan Biaya

Dibawah ini adalah penghitungan biaya yang dibutuhkan dalam mengembangkan sistem pakar yang dibutuhkan :

Biaya Pengumpulan data keluhan pelanggan : Rp 100.000

Biaya Pembelian 1 unit pc : Rp 4.200.000

Biaya Perancangan tampilan dan database : Rp 1.700.000

Biaya Pembuatan Aplikasi desktop : Rp 1.500.000

Biaya Pembuatan Aplikasi Mobile (bila diperlukan) : Rp 1.200.000

Total Biaya yang diperlukan : Rp 8.700.000

 

VII. Operasional
Pengoprasian Aplikasi ini menggunakan komputer dengan OS windows 7 dan maksimal windows 8 , dengan spesifikasi minimal RAM 512 dan processor dualcore. Aplikasi ini dapat mempermudah pekerjaan suatu instansi atau organisasi tergantung kebutuhan dari si pemakai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s