Proposal Pembuatan Aplikasi Kaskus

logo-kaskus

Nama Anggota :

Bayu Ahmad prakoso( 11112377)

M.Ali akbar S(14112297)

M.Hendriansyah( 14112632)

M.Kahfi (15112000)

M.Ilham Ma’aarij (14112746)

Kelas: 4KA18

  1.  Latar Belakang Aplikasi

Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser. Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus memiliki lebih dari 6 juta pengguna terdaftar. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia.

Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk,bermula dari sekadar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 900 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga bulan Juli 2012, Kaskus sudah mempunyai lebih dari 601 juta posting. Menurut Alexa.com, pada bulan Juli 2014 Kaskus berada di peringkat 285 dunia dan menduduki peringkat 7 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

Pada tanggal 26 Mei 2012, Kaskus mengalami gangguan pada DNS (Domain Name System) pada domain .us. Sehingga, pada 27 Mei 2012, Kaskus berpindah domain yang mulanya berdomain .us sekarang menjadi .co.id

  1. Tujuan Pembuatan Aplikasi

Adapun sebuah tujuan aplikasi ini dibuat adalah sebagai alat bantu kita dalam memenuhi kebutuhan forum diskusi dan forum jual-beli di dunia maya. Disini yang digaris bawahi adalah aplikasi sekaligus forum jual-beli.

III. Konsep Pembuatan Aplikasi

Konsep yang digunakan dalam pembuatan aplikasi Kaskus ini adalah dengan menggunakan pendekatan metode SDLC ( System Development Life Cycle ) , konsep ini dikembangakn melalui beberapa tahap sebagai berikut:

  1. Perencanaan

– Melakukan pengambilan/pengumpulan data

– Melakukan identifikasi masalah

  1. Analisa permasalahan

Menganalisa masalah yang terjadi di lapangan sebelumnya pengguaan forum jual beli online yang sudah ada, dan membandingkannya dengan aplikasi yang dibuat , serta dapat berkontribusi dengan apa yang terjadi nantinya setelah dibuat aplikasi.

  1. Perancangan

Pada tahap ini melakukan perancangan struktur navigasi, perancangan input output dan perancangan tampilan aplikasi Kaskus (FJB kaskus).

  1. Implementasi

Membuat serta memberikan sentuhan terakhirnya dengan pengisian kode program yang sebelumnya tertera pada perancangan input output aplikasi

  1. Uji Coba Aplikasi

Tahap ini merupakan tahap uji coba program yang dihasilkan dari tahap implementasi untuk mengetahui apakah fungsionalitasnya terpenuhi dan sesuai dengan rancangan dasar penelitian.

  1. Kerangka Pikir

Kerangka piker disini adalah efek sebelum dan sesudah penggunaan aplikasi yang di buat terdapat 2 object yaitu pemakai aplikasi (User) dan administrasi kaskus itu sendiri , sebelumnya Pengguna (user) belum menggunakan aplikasi dia harus berkumpul bersama teman untuk berkumpul atau untuk forum jual beli, tapi setelah menggunakan aplikasi ini pengguna (user) hanya menggunakan aplikasi dimana saja dan kapan saja untuk melakukan diskusi dan jual beli forum, selain itu pengguna juga dapat kemudahan dan kenyamanan karena aplikasi kaskus tidak membutuhkan chapta lagi untuk posting pesan, karena dalam web kaskus dibutuhkan chapta untuk 1x posting di dalam sebuah ruang diskusi atau ruang jual beli.

 

  1. Rencana Pengerjaan Aplikasi

Berikut adalah rencana dan jadwal tahap penelitian dilaksanakan per bulannya :

NO Tahapan Penelitian Jadwal Pelaksaan (Bln) ke

1    2      3     4     5    6    7

1. Tahap Perencaan
2. Tahap Analisis
3. Tahap Perancangan dan Pembuatan Aplikasi
4. Tahap Implementasi
5. Uji Coba

Sumber :

  1. www.kaskus.co.id
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Kaskus
  3. www.slideshare.net/andreytendean/proposal-pembuatan-aplikasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s